Wajib Coba Minuman Menyegarkan Jabar : DesaCanggu

Resep Makanan dan Minuman Jabar

 

Resep makanan dan minuman dari orang Jawa Barat mungkin menjadi alternatif yang lebih umum ketika pandemi memaksa semua orang untuk tidak keluar rumah. Jangankan untuk liburan, di saat-saat seperti ini, pemerintah mendorong semua orang untuk tinggal di rumah demi kesehatan bersama.

 

Jika kita ingat, pada awal Maret 2019, dua orang Indonesia ditemukan telah dites positif terkena virus corona untuk pertama kalinya. Virus ini menyebar dengan cepat, bahkan hingga saat ini ketika vaksin sudah mulai menyebar, masih ada pembatasan di berbagai daerah.

 

Khusus untuk sektor pariwisata, beberapa tempat wisata bahkan mengharuskan pengunjung membawa bukti cepat dengan hasil negatif jika ingin mengunjunginya. Misalnya, tempat wisata Kebun Raya Bogora, salah satu tempat wisata alam di Jawa Barat.

 

Pembahasan pariwisata tentu tidak lepas dari kuliner khas daerah tersebut, misalnya Bogor dikenal dengan bolu talas, mie kuning dan lumpia basah. Memasak mungkin merupakan alternatif yang lebih umum.  Tidak perlu jauh-jauh Anda bisa langsung memasak resep  makanan dan minuman khas Jawa Barat sendiri di rumah beserta resepnya.

 

Tahu Gejrot hingga Seblak, Jajanan Jajanan Jawa Barat yang Sudah Menyebar ke Seluruh Indonesia

Makanan ringan, juga dikenal sebagai makanan ringan, adalah jenis makanan yang biasanya dimakan di antara waktu makan. Makanan ini identik dengan porsi kecil dengan berbagai rasa. Namun, bagi sebagian orang, camilan juga bisa kenyang, misalnya seblak, jajanan khas Bandung, Jawa Barat.

 

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan jajanan dengan rasa asin pedas ini. Seblak, salah satu resep makanan dan minuman Jawa Barat yang banyak digandrungi banyak orang. Seblak sendiri sudah ada di daerah Cianjur sejak zaman penjajahan. Bahan utama seblak adalah kerupuk. Bukan sembarang kerupuk, kerupuk yang menjadi ciri khas seblak oranye berbahan dasar udang.

 

Sosis, bakso, kaki, quettia, mie dan jamur tiram sering dijadikan bahan tambahan untuk makanan yang satu ini. Bagaimana cara mengolahnya cukup mudah? Pertama perlu menyiapkan musim hujan, lebih tepatnya bawang putih, bawang merah, kecap manis, cabai secukupnya, lada, daun jeruk, saus pedas, rasa, gula dan garam.

 

Peras semua bumbu menjadi satu, lalu tumis bumbu hingga harum. Tambahkan 250ml air, masukkan telur dan kocokan.  Masukkan juga sayuran hijau dengan mustard, sosis, bakso, kaki, mie, dan bahan lainnya secukupnya. Terakhir, sertakan kerupuk udang jeruk sebagai ciri utama seblak Bandung.

 

Resep di atas adalah resep seblak sederhana, di Internet Anda bisa mendapatkan banyak variasi seblak lainnya dalam resep Jawa Barat dan minuman.

 

Tidak hanyalah seblak, jajanan khas Jawa Barat lainnya yang sederhana dan sangat mudah dibuat, yaitu Tahu Gayrot. Seperti namanya, jajanan asli dari desa Jatiseeng, Ciledug, Kabupaten Cirebon ini terbuat dari tahu gembos. Selain mengetahui latihan, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan di bawah ini.

 

Bahan sup cokelat flash:

  1. 1/4 gula merah
  2. 2 sdm slatkog soja sosa
  3. Asam jawa secukupnya
  4. Jadi

 

Musim Uleg:

  1. Beli luk
  2. Dangkal
  3. Cabe rawit secukupnya

 

Pertama-tama goreng gembok tahu sampai berwarna keemasan, lalu saring. Buat sup bawang putih dengan merebus gula merah, asam jawa manis dan pengasinan dalam 500 ml air sampai semuanya tercampur. Uleg adalah bawang putih yang agak kasar, bawang merah, cabai secukupnya.

 

Tambahkan potongan tahu gembos ke atas, bilas dengan saus cokelat di ujungnya. Aduk sampai semua tahu tertutup bumbu, tahu djerot siap dinikmati. Tahu Garrot cocok untuk dinikmati kapan saja, di mana saja.

 

Resep Makanan Jabar mudah dan cepat

Setelah membahas resep makanan ringan, kini kita beralih ke resep makanan dan minuman Jawa Barat  lainnya. Makanan Jawa Barat dapat dianggap beragam, mulai dari sayuran olahan hingga daging.

 

Makanan pertama yang akan kita bicarakan adalah Karedok. Karedok sendiri merupakan salad ala Sundan. Berbeda dengan salad ala Barat yang menggunakan minyak sayur atau minyak zaitun sebagai campuran, karedok menggunakan saus kacang sebagai pelengkap musim.

 

Hampir mirip dengan pecel khas Jawa Tengah, bedanya karedok menggunakan sayuran mentah sebagai bahan utamanya. Karedok sendiri terbagi menjadi tiga spesies, yaitu terong Karedok, Leunca dan Long Beans.

 

Sayuran yang digunakan untuk leunca jenis karedok tentu saja buah leunca. Biasanya dipilih buah leunchfruit yang masih berwarna hijau atau tidak terlalu mahal. Sedangkan pada terong jenis karedok, irisan terong mentah merupakan bahan utama yang dipasangkan dengan tauge dan kubis kubis.

 

Pada akhir kacang karedok panjang, jenis karedok ini didominasi oleh isian kacang panjang plus mentimun. Dalam perkembangan zaman, karedok mengisi karedok juga menyesuaikan selera masyarakat sekitar. Oleh karena itu , tidak mengherankan jika di beberapa daerah di Indonesia karedok ditambahkan sayuran dan kerupuk lainnya.

 

Makanan yang resepnya pasti akan muncul ketika mencari resep makanan dan minuman khas Jawa Barat di internet adalah Sate Maranggi. Sepintas, jam daging sapi  ini  tidak berbeda  dengan satin lainnya, bedanya Satanisme ini melalui proses pengasinan yang panjang sehingga menghasilkan sate yang juicy, empuk dan penuh rasa.

 

Bahan utama dalam pembuatan satya ini tentu saja daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Anda juga bisa menambahkan lemak sapi untuk menambah aroma sate saat digoreng. Kemudian siapkan rendaman di bawah ini.

 

  1. 1/4 gram gula merah atau gula Jawa.
  2. 5 siung bawang putih
  3. 5 dangkal dangkal
  4. 3 segmen remah roti jahe
  5. 3 segmen jari lengkuas
  6. Air asam jawa secukupnya
  7. Jadi
  8. Kuning telur

 

Gosok semua bumbu di atas, lalu oleskan ke daging sapi gandum hitam. Tutup dengan daun pepaya, diamkan selama 3-4 jam sampai bumbu benar-benar terserap. Jangan lupa siapkan sambal untuk satu jam penyebaran, lebih tepatnya cabai secukupnya, tomat dan garam.

 

Tusuk sate sapi panggang di atas arang yang menyala, bolak-balik jangan dibakar. Sajikan dengan sambal, nasi atau nasi ketan panas. Anda siap menikmati marangi sata ala Sundan, hidangan ini sangat cocok untuk disantap selagi hangat.

 

Wajib Coba Minuman Menyegarkan Jabar

Makan sathya di malam hari nyaman dengan minuman rempah-rempah khas Jawa Barat, yaitu Bandrek. Bandrek sendiri selalu masuk dalam peringkat resep makanan dan minuman khas Jawa Barat.   Konon minuman ini lahir dari penduduk dataran tinggi, Jawa Barat.

 

Dataran tinggi identik dengan suhu dingin, dan minuman berbasis jahe ini digunakan oleh orang-orang di sekitar untuk menghangatkan tubuh mereka. Anda yang ingin mencoba bandrek tidak perlu jauh-jauh ke dataran tinggi Jawa Barat untuk menikmatinya.

 

Buat saja bandrek Anda di rumah dengan menyiapkan jahe bakar, gula merah, dan kayu manis. Masak tiga bahan bersama-sama, minum selagi hangat. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti telur ayam kampung, serai, kapulaga dan lainnya untuk menambah rasa.

 

Setelah menemukan minuman yang menghangatkan tubuh, Jawa Barat juga memiliki minuman khas yang menyegarkan ketika matahari terik menerpa, Es Cendol adalah namanya. Berbeda dengan es Dawet kembarnya yang terbuat dari tepung beras, Es Cendol yang resepnya dapat ditemukan di buku resep  roti dan minuman  Jawa Barat ini terbuat dari tepung hunkwe atau kacang mungo.

 

Tepung Hunkwe direbus sampai mengental dengan penambahan daun air rekanan, ekstrak daun kering air untuk kantor, sedikit pati, air thrashing dan garam secukupnya. Saat menebal, Anda dapat mencetak cendol menggunakan filter dan air es.

 

Masak juga santan, daun pandan, sedikit garam untuk cendol. Sebagai pelengkap dan pemanis, Anda bisa menggunakan campuran gula merah dan air yang direbus hingga sedikit mengental. Jangan lupa tambahkan es batu halus dan cendol yang siap dinikmati.

 

Resep makanan dan minuman Jawa Barat lainnya yang mudah dan cepat

Selain makanan dan minuman di atas, Jawa Barat memiliki menu lain yang tentunya bisa Anda buat dengan mudah di rumah. Salah satunya adalah combro atau oncom dijero (oncom inside).

 

Seperti namanya, makanan ini terbuat dari oncom untuk filling sedangkan dari kulitnya terbuat dari singkong yang dihaluskan. Cara memasaknya cukup mudah, siapkan beberapa bahan untuk adonan luar di bawah ini.

 

  1. 1 kg haluskan singkong
  2. Rendani kokos polustar
  3. Jadi
  4. Bawang putih 3 siung
  5. Bawang merah 3 karanfilića
  6. segmen jari 1

 

Sedangkan untuk pengisian kombro, menggunakan bahan-bahan berikut.

  1. Oncom
  2. Bawang dan bawang putih per 5 siung.
  3. Cabe rawit secukupnya
  4. Merica, garam, gula secukupnya
  5. Praziluk i biolagi

 

Pertama, Anda perlu membuat isian oncom dengan menumis semua bahan untuk isian sampai menjadi harum. Sambil menunggu isiannya sedikit dingin, buat kulit asing dengan menggiling bawang putih dan bawang bombay. Campur dengan singkong dan kelapa parut.

 

Ambil 1-2 sendok makan adonan yang diratakan, lalu isi dengan onc, bentuk menjadi bulat. Lakukan ini berulang kali sampai adonan habis. Panaskan minyak goreng dan goreng sampai sisir berubah menjadi kuning keemasan.

 

Selain combro, makanan khas Jawa Barat lainnya adalah lottex, pepes tahu, pesmol nila, nasi tutug oncom dan masih banyak lainnya. Untuk minuman ada es Oyen, es cincau, bir pedas dan lain-lain. Semua resep makanan dan minuman Jawa Barat dapat dengan mudah ditemukan di Internet dan buku resep.

Read More :

Sumber : https://www.teknohits.com