Cara Membuat Resep Khas Nessenashi Uduk Khas Jawa Barat : Idlix

Resep Nasi Uduk Jawa Barat dan  Hidangan  Pelengkapnya

Saat ini sudah   banyak variasi resep nasi uduk Jawa Barat yang  bisa anda pilih. Namun tentunya hanya ada satu resep asli yang tidak akan lekang oleh waktu. Tentunya resep yang satu ini adalah sesuatu yang patut anda coba, karena mengandung cita rasa legendaris khas nenek moyang suku Sunda di masa lalu.

Nasi uduk merupakan  salah satu hidangan khas Jawa Barat  yang mudah ditemukan.  Saat ini sudah banyak restoran khas Sunda yang menyajikannya untuk Anda.  Namun tidak ada salahnya untuk  mencoba membuat menu yang satu ini di rumah Anda sendiri.

Tetapi membuat beras berhutan ini membutuhkan kesabaran.    Ada begitu banyak langkah yang perlu Anda ikuti dengan cermat untuk mendapatkan rasa nasi uduk yang lezat. Tapi tenang saja karena disini kita akan membahasnya secara detail untuk anda.

Nasi Uduk dianggap sebagai hidangan besar di Jawa Barat.

Padahal, nasi uduk merupakan bagian dari tradisi Jawa Barat. Oleh karena itu,  tidak semua orang bisa memahami  resep nasi uduk Jawa Barat ini  dengan baik.

Di Jawa Barat sendiri, nasi uduk ini dipersembahkan di berbagai acara sakral seperti pernikahan, sunat, apresiasi rumah, peresmian gedung, dll. Ada banyak orang yang terlibat dalam pembuatan nasi uduk ini sendiri.

Tentu saja, bagian yang dibuat juga sangat besar. Tetapi jika Anda membuatnya untuk konsumsi Anda sendiri, metode ini tidak terlalu sulit. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara melengkapinya, yang akan dilengkapi dengan variasi menu pelengkap yang biasanya ditawarkan. Sembarang? Periksa deskripsinya secara menyeluruh!

Cara Membuat Resep Khas Nessenashi Uduk Khas Jawa Barat

Untuk membuat nasi uduk ini tentunya  hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah   bahan-bahannya. Juga, pastikan bahan yang digunakan bersih dan higienis. Jauh dari kelelawar, berikut penjelasannya.

Bahan yang Dibutuhkan

  1. 300 gram beras
  2. 450 ml santan
  3. 2 buah daun salam muda
  4. 2 siung
  5. 2 batang serai yang disamarkan
  6. Kayu manis 2 cm
  7. 1 sendok teh lada
  8. 1 sendok teh garam

Metode pembuatan

Jika sudah menyiapkan semua bahan tersebut, anda  bisa langsung melanjutkan ke langkah-langkah pembuatan resep nasi uduk jawa barat ini.

  1. Cuci beras sampai bersih. Cuci juga bahan lain yang akan digunakan dalam proses pembuatannya.
  2. Didihkan santan yang sudah disiapkan    Tambahkan juga daun salam, kayu manis, cengkeh, serai yang terluka, garam dan merica.
  3. Aduk semuanya sampai benar-benar merata. Terus aduk sampai kombinasi rempah-rempah dan rempah-rempah mendidih.
  4. Tambahkan beras yang sudah dicuci sebelumnya ke dalam santan dan rempah-rempah mendidih.
  5. Terus kukus sampai nasi matang dan menjadi nasi.
  6. Setelah matang, letakkan di wadah yang sesuai.

Untuk menambah rasa, Anda juga bisa menaburkan bawang goreng, irisan cabai merah, dan mentimun di atas cacing kayu beras. Selain membuatnya terlihat indah, nafsu makan meningkat.

Mungkin terkesan mudah, namun seringkali  persiapan   resep nasi uduk khas Jawa Barat ini  gagal jika tidak mengikuti langkah-langkah yang telah ditentukan. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam melakukan langkah-langkahnya.

Tips yang harus dilakukan saat membuat y ang  Nasi Uduk.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu  lakukan ketika ingin membuat resep nasi uduk ini.  Pertama, kamu perlu memilih nasi yang berkualitas. Nasi yang tidak memenuhi syarat seringkali tidak merendam bumbu yang kamu masukkan ke dalamnya.

Tidak hanya itu, pilihlah santan kental. Pilihan santan kental ini akan membuat Anda merasakan resep nasi uduk Jawa Barat,  yang akan membuatnya lebih gurih dan enak. Namun  sebaliknya, jika Memilih santan encer, maka tentu rasa yang muncul tidak akan terlalu gurih.

Aroma yang muncul juga tidak akan kuat.  Kamumemiliki pilihan santan yang diperas dari kelapa parut asli.  Jangan memilih santan siap pakai di toko. Kualitasnya terkadang berbeda dari yang Anda bayangkan. Biasanya ada banyak pemasok kelapa di pasaran yang menawarkan kelapa parut seperti ini.

Menu pelengkap Nasi Uduk di Jawa Barat

Resep nasi uduk Jawa Barat ini tidak akan sempurna kecuali Anda  menyelesaikannya dengan hidangan pelengkap.  Saat ini ada banyak menu nasi uduk pelengkap untuk dipilih. Mari kita bahas satu per satu bagaimana cara pembuatannya.

  1. Ayam goreng

Bahan:

  1. 1 kepala ayam, potong secukupnya
  2. 3 sendok makan minyak sayur
  3. 500 ml air kelapa
  4. 2 daun salam
  5. 2 buah daun jeruk
  6. Lengkuas disamarkan secukupnya

Bumbu:

  1. Charlotte 8 butir
  2. 4 siung bawang putih
  3. Kemiri 4 butir
  4. 1/4 sendok teh butiran lada
  5. Jahe 1 cm
  6. Kunyit tua 3cm
  7. 20 gram gula merah
  8. 2 sendok teh garam

Metode Pembuatan:

Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut  , Anda tinggal mengikuti langkah-langkah untuk melengkapi resep nasi uduk Jawa Barat ini  sebagai berikut:

  1. Mencuci ayam yang sudah disiapkan
  2. Goreng semua bumbu sampai haluskan, wangi.
  3. Masukkan daun salam, lengkuas, daun jeruk, dan serai. Aduk sampai benar-benar merata.
  4. Tambahkan ayam yang sudah dibersihkan dan aduk dengan bumbu.
  5. Tuang air kelapa, tutup panci dan biarkan rempah-rempah di dalamnya disuntikkan.
  6. Tunggu sampai potongan ayam empuk.
  7. Angkat dan tiriskan.
  8. Panaskan minyak goreng dan goreng ayam yang diangkut sampai dikocok.
  9. Tiriskan, atau tempatkan di beras uduk yang sudah dimasak sebelumnya.
  10. Tempe Oleg Kering

Bahan:

  1. Papan Tempe 1, irisan kecocokan
  2. 1 potong paprika merah, iris
  3. 4 cabai keriting, diiris miring
  4. Panjang galvan gastrointestinal 2 cm
  5. Kamuflase jahe 2 cm
  6. Hanya 1 Youngbay Reef
  7. 3 potong daun jeruk segar
  8. Mencukur gula merah 3 sendok makan, bisa juga diganti dengan kecap manis
  9. 5 Butir Charlotte, Diiris
  10. 3 siung irisan bawang putih
  11. Air Asam Jawa 1/2 Sendok makan
  12. Garam secukupnya
  13. Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, kini Anda dapat melanjutkan dengan proses pembuatan hidangan pelengkap resep Nasiouduk Jawa Barat. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  2. Goreng tempe yang diiris dan biarkan mengering. Tingkat pengeringan dapat disesuaikan dengan setiap rasa.
  3. Tumis irisan bawang sampai berbau harum. Kemudian tambahkan bumbu lain seperti cabai, daun jeruk, daun salam dan lengkuas. Tuang sedikit air.
  4. Setelah itu, tambahkan juga air asam jawa dan gula merah. Terakhir, tambahkan garam. Masak sampai mendidih dan perbaiki rasanya.
  5. Tambahkan tempe goreng kering. Aduk sampai karamel diolesi dan semua bumbu diinfuskan. Hapus dan sajikan.

Perpaduan nasi uduk dan masakan pelengkap tentu akan membuat keluarga di rumah jauh lebih bersemangat untuk makan. Jangan lupa untuk menawarkan sambal uduk yang cocok untuk keluarga Anda. Untuk menghindari kesalahan, ikuti langkah-langkah untuk membuat resep nasi uduk Jawa Barat  ini secara berurutan.

Selengkapnya :

Sumber : https://www.teknohits.com